Sabtu, 13 Oktober 2012

Asal Usul 'Luwu' (3)

Oleh Wirawan Azis
Disadur dari Buku Sejarah Luwu, karya Sarita Pawiloy

Kata 'Luwu' atau Lu' juga dapat dihubungkan dengan kata laut. Hal ini seperti yang diungkapkan C. Salombe, seorang budayawan Tana Toraja dalam bukunya; Orang Toraja dengan Ritusnya yang diterbitkan di tahun 1972.

C. Salombe menyebut dalam bukunya, Lu' berasal dari kata lau yang artinya laut, yang dapat pula dipersamakan dengan timur.

Salombe juga menulis, kata Toraja itu merupakan penyebutan orang Luwu kepada orang yang berdiam di daerah pegunungan atau di sebelah barat . To Raja atau To Riaja bermakna orang di atas atau di sebelah barat.

Sebaliknya, Luwu atau Lu' merupakan penyebutan orang Toraja kepada yang bermukim di bagian pesisir pantai atau di sebelah timur atau di dataran rendah.

Pendapat ini dipertegas pula oleh Andi Zainal Abidin, seorang penulis sejarah dan budaya Bugis. Dia menegaskan, Luwu bermakna wilayah pinggir laut. Sehingga Luwu disebut pula sebagai kerajaan pantai Luwu, karena merupakan kerajaan pertama yang meliputi sepanjang pantai Sulawesi yang mempersatukan wilayah mulai dari Gorontalo di utara dan Selayar di selatan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar